Selasa, 05 Mei 2015

Fungsi Tang Krimping (Jaringan)

Fungsi Tang Crimping Jaringan ~ Barang kali bagi anda yang sedang baru saja belajar membuat jaringan komputer khususnya di jaringan LAN mungkin akan berkenalan dengan salah satu tools jaringan yaitu tang crimping.

Untuk mengenal lebih jauh apa saja fungsi dari tang crimping berikut akan kita bahas.

Tang crimping merupakan salah satu tool jaringan yang biasanya di gunakan untuk mengcrimping kabel UTP atau kabel LAN ke RJ-45.

Selain itu tang crimping juga biasa di gunakan untuk mengupas dan memotong kabel UTP. Berikut ini beberapa gambar dari tang crimping yang di gunakan untuk membuat kabel jaringan.

Tang Crimping Kabel Jaringan

Crimping Tools

Berbagai Jenis Tang Crimping



Crimping kabel LAN ke RJ-45 di lakukan dengan terlebih dahulu menyusun susunan warna kabel kemudian meratakan kabel tersebut sehingga terlihat rapi, jika kabel sudah tersusun benar kemudian akan di masukkan ke RJ-45 untuk di crimping. Berikut ini gambar dari kabel jaringan LAN dan RJ-45.


Kabel UTP Jaringan LAN

RJ-45
Susunan Standar Kabel Straight

Kabel yang sudah tersusun tapi akan di masukkan ke RJ-45 dan siap di crimpng menggunakan tang crimping. Pada saat melakukan crimping tekan tang dengan kuat hingga terdengar suara klik.

Mengcrimping Kabel LAN
Kabel yang di crimping dengan benar akan terlihat rapi dan siap untuk di gunakan untuk menghubungkan antar satu komputer dengan komputer lainnya. Sebaliknya jika pemasangan kabel anda salah, atau susunannya terbalik maka kabel tersebut tidak akan bisa di gunakan untuk menghubungkan komputer di dalam jaringan.



Berikut ini gambar dari hasil crimping yang terlihat rapi.
Hasil crimping yang rapi
Sekian dulu artikel Fungsi Tang Crimping Jaringan semoga bermanfaat untuk anda. Silahkan berkomentar jika anda ingin menanyakan seputar tang crimping jaringan komputer....




0 komentar:

Posting Komentar